Sabtu, 12 November 2011

SERTIFIKAT KURSUS, WORKSHOP dan SEMINAR

Kursus:
1. Retail Business
Retail Business merupakan salah satu jenis kurus yang tersedian di Universitas Gunadarma untuk Mahasiswa Fakultas Ekonomi. Kursus ini mempelajari berbagai pengetahuan seputar bisnis ritel, seperti bagaimana dasar-dasar memulai bisnis ritel, bagaimana teknik bernegosiasi melakukan penjualan, perencanaan organisasi dalam bisnis ritel, dan strategi dalam promosi. Saya sebagai mahasiswa fakultas ekonomi-akuntansi tertarik untuk mengambil kursus ini,karena kursus ini menyajikan berbagai penjelasan mengenai cara ber-bisnis ritel yang saya tidak ketahui sebelumnya. Saya mengikuti Kursus Retail Business ini pada tanggal 5-9 Juli 2010, di kampus D,Universitas Gunadarma,Jl.Margonda Raya No.100, Depok. Pada kursus yang dilaksanakan selama lima hari tersebut,para peserta selain mendapatkan penjelasan materi mengenai bisnis ritel, juga diberi kesempatan untuk belajar dan simulasi pembelian dan penjualan menggunakan software khusus yang telah disediakan.

Workshop:
1. Personal Income Tax
Workshop ini saya ikuti pada tanggal 3 Agustus 2010. Workshop ini mempelajari tentang pajak penghasilan orang pribadi (PPh pasal 21),dimana para peserta workshop ini pada awal sesi mendapat materi tentang pengertian PPh pasal 21, subjek PPh pasal 21, objek PPh pasal 21, syarat-syarat PPh pasal 21, perhitungan PPh pasal 21,dan pengisian pelatihan pengisian SPT 1770. Sedangkan pada akhir sesi workshop, para peserta diminta meyelesaikan contoh kasus tentang perhitungan PPh pasal 21.

2. Automated Securities Trading System (ASTS)
Automated Securities Trading System merupakan sebuah workshop yang mempelajari tentang sistem perdagangan,materi yang dipelajai meliputi tipe-tipe pasar, berbagai tipe pemesanan, pembatalan pemesanan, dan simulasi perdangan. Workshop ini saya ikuti pada tanggal 22 Februari 2010.

3. Inovasi Bisnis Bidang Akuntansi dan Keuangan
Workshop ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu tanggal 7-8 Juli 2011. Pada hari pertama workshop ini, mengundang beberapa pembicara baik dari dalam ataupun luar Universitas Gunadarma yang banyak berbagi informasi seputar wirausaha. Sedangkan pada hari kedua, para peserta diwajibkan membuat sebuah proposal tentang bisnis wirausaha yang ingin dikembangkan, peserta terdiri dari tiga orang untuk setiap kelompok. Proposal yang telah dibuat kemudian dipresentasikan di hadapan Dekan Fakultas Ekonomi, Pembantu Dekan I, dan Pembantu Dekan II dari fakultas Ekonomi dimana mereka sekaligus berperan sebagai juri dalam penilaian proposal per kelompok tersebut.

4.Music Production
            Dilaksanakan pada tanggal 27 Mei 2009. Workshop ini membahas mengenai berbagai kegiatan tentang bagaimana memproduksi musik, seperti pembuatan lirik.

Seminar:
1. UG Economic  Competition 2010
            Saya mengikuti seminar ini pada tanggal 26 November 2010, dalam rangka acara UG Economic Day HUT FE Ke-20, seminar ini berjudul “Shine On and Be The Best In Way Of Economics”.

2. Seminar “Selamat Tinggal Bank Konvensional”
            Seminar ini dilaksanakan pada tanggal 22 Februari 2011. Seminar ini membahas tentang perbedaan Bank konvensional dengan Bank syariah, dimana saat ini sudah banyak Bank yang menggunkan prinsip syariah dalam kegiatannya. Para peserta juga diharapkan dapat lebih tertarik untuk mulai mengenal bank yang menggunkan prinsip syariah, walaupun saat ini banyak pula bank konvensional yang telah lama berdiri.

3. Konferensi Mahasiswa Untuk Ekonomi Syariah
Pada seminar yang dilaksanakan pada tanggal 23 Februari 2011 ini, Mahasiswa sebagai peserta seminar mendapatkan penjelasan materi dari berbagai narasumber, mengenai ekonomi syariah dan perkembangan ekonomi syariah saat ini. Mahasiswapun dimotivasi untuk  bisa mengambil sisi positif dari keberadaan segala aspek ekonomi yang menggunakan prinsip syariah dalam kegiatan usaha yang dilakukan.  

4. Seminar Pasar Modal “Capital Market is A Choice of Investment”
            Seminar tentang pasar modal ini dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2010. Seminar ini membahas tentang perkembangan pasar modal yang terjadi di Indonesia saat ini, sebagai salah satu perekonomian yang mengalami perkembangan yang cukup berarti, peserta diberikan contoh mengenai keuntungan investasi dalam pasar modal. Karena itu pasar modal dapat dikatakan sebuah pilihan dalam berinvestasi.

5. Kompetisi Nasional Pasar Modal 2010 (KNPM 2010)
            Kompetisi pasar modal ini diadakan untuk semua mahasiswa fakultas ekonomi dari berbagai tingkatan, dimana peserta terdiri atas tiga orang untuk setiap team. Setiap team pada awal kompetisi mulai diajarkan tentang tata cara melakukan transaksi jual-beli saham secara virtual. Setiap team diberi modal seratus juta rupiah (dalam bentuk virtual),yang nantinya setiap saat setiap team dapat menggunakan uang modal tersebut untuk melakukan jual-beli saham yang setiap saat dapat berubah. Ketelitian dalam melihat pasar merupakan sesuatu yang harus digunakan oleh setiap team. Tahap selanjutnya setiap team yang mengalami transaksi dengan keuntungan besar, akan masuk ke tahap kompetisi berikutnya. Namun sayang, saya dan team saya hanya mampu bertahan pada tahap perdagangan (jual-beli) saham secara virtual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar