Senin, 07 Mei 2012

LAPORAN SEMINAR


LAPORAN SEMINAR
“Mewarnai ICT Masa Depan Melalui Penguasaan Sistem Informasi Akuntansi”
Atas Kerjasama antara , PT. Zahir Internasional, dan Universitas Gunadarma
Jakarta, 27 April 2012


Pelaksanaan Kegiatan:
Waktu:
27 April 2012

Tempat:
Aula D460, Universitas Gunadarma
Jalan Margonda Raya No.100
Depok

Pembicara:
  1. Muhammad Ismail Thalib, PT. Zahir Internasional
  2. Dr. Untara, SE., MMSI. Head of Advanced Accounting Laboratory, Universitas Gunadarma

Isi seminar
Sambutan Direktur PT. Zahir Internasional- Bpk. Muhammad Ismail Thalib
            Akuntansi semakin mengalami perkembangan saat ini, terlebih didasarkan pada tuntutan zaman yang segala sesuatunya serba cepat dan tepat Olehkarena itu keberadaan software akuntansi tentu dapat mengubah proses kegiatan akuntansi yang sebelumnya secara konvensional menjadi lebih cepat, dan dipandang dapat sangat membantu kegiatan usaha. Namun hal tersebut tidak bisa terlepas dari proses kegiatan akuntansi konvensional yang keberadaannya telah ada terlebih dahulu, sebelum keberadaan sebuah software akuntansi, sehingga berbagai pihak yang berkepentingan terhadap kegiatan akuntansi tersebut, tentu terlebih dahulu  harus mengerti tentang dasar akuntansi itu sendiri, seperti persamaan akuntansi, proses pencatatan akuntansi, dsb.
            Zahir sebagai salah satu software akuntansi, memiliki berbagai pilihan fasilitas yang dapat digunakan oleh berbagai pihak yang membutuhkan software akuntansi untuk membantu kegiatan usaha. Dengan menggunakan software zahir, kegiatan akuntansi dapat dilakukan dengan mudah seperti proses pengisian nota penjualan sehingga memudahkan seseorang yang akan menggunakannya, kemudian menghasilkan sekaligus atau secara otomatis laporan, grafik, dan analisa. Para pelaku kegiatan usaha yang ingin menggunakan software zahir ini, cukup membayar seharga fasilitas yang diperlukan atau digunakan, karena itu software zahir memiliki berbagai pilihan fasilitas yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Sambutan Head of Advanced Accounting Laboratory- Bpk Untara, Universitas Gunadarma
            Sistem Informasi juga meliputi kegiatan akuntansi syariah, seperti kegiatan pegadaian syariah, perbankan syariah, dsb. Kegiatan akuntansi syariah yang meliputi sistem informasi, memungkinkan penggunaan software akuntansi. Sehingga keberadaan zahir sebagai software akuntansi, dapat digunakan dalam kegiatan syariah tersebut.

Sesi Pertanyaan:
1.   Penanya: Budi Erianda
Apakah software Zahir akan diterapkan pada kegiatan yang berhubungan dengan akuntansi syariah untuk laboratorium regular atau tidak? Seandainya tidak, apakah software Zahir akan diadakan pada kegiatan workshop atau kursus di lingkungan kampus?

Jawab:
Software Zahir tidak akan diterapkan pada kegiatan praktikum di laboratorium regular, karena akuntansi syariah ini merupakan mata kuliah pilihan. Sedangkan untuk diadakan pada kegiatan workshop atau kursus, bisa saja memungkinkan untuk diadakan suatu waktu nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar